Pulau Pantara, Surga Terpencil di Utara Jakarta


Air lautnya benar-benar jernih, sehingga tampak gradasi warna dari biru muda hingga biru tua. Pasir putih dan pulaunya yang bersih, menjadikan Pulau Pantara di Kep. Seribu, seperti surga terpencil di utara Jakarta.

Saya yakin, tidak banyak di antara kalian yang mengenalnya. Pulau Pantara terletak di gugusan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pulaunya relatif kecil, sehingga dapat dijelajah dalam waktu singkat.

Namun, tak mudah menemukan letak pasti pulau tersebut. Saya hanya menemukan peta Kepulauan Seribu tanpa ada penjelasan di mana letak Pulau Pantara. Mungkin saking kecilnya pulau ini kali ya.

Untuk ke Pantara saja membutuhkan waktu tempuh selama empat jam dari Pelabuhan Tanjung Priok. Menurut situs Pulau Seribu Jakarta, Senin (11/6/2012) Pulau Pantara adalah pulau resort yang terjauh di Pulau Seribu, Jakarta.

Kebetulan, saya berkesempatan mengunjungi pulau itu bersama salah satu rombongan lembaga penegak hukum di Indonesia. Kami berangkat pukul 07.30 WIB dari Pelabuhan Tanjung Priok dengan menggunakan kapal hibahan dari Australia, Abimanyu, milik Kepolisian Perairan Mabes Polri.

Kapal tersebut sebenarnya untuk mengangkut pasukan Polri ke daerah tertentu. Perjalanan ke Pulau Pantara hari itu merupakan pelayaran pertamanya mengangkut penumpang.

Nah, perjalanannya cukup panjang yaitu empat jam. Saran saya, sebaiknya siapkan mp3 atau alat hiburan lain untuk membunuh waktu. Beruntung, cuaca saat itu cerah, begitu pula dengan ombaknya yang bersahabat. Jadi, kami bisa melihat panorama laut yang lumayan indah. Setidaknya, tidak ada polusi dan deru kendaraan bermotor.

Sesampainya di Pulau Pantara, waktu sudah menunjukkan pukul 10.30 WIB. Tentu matahari sedang terik-teriknya. Tapi, panas matahari sama sekali tak terasa saat melihat laut yang begitu cantik.

Airnya benar-benar jernih, sehingga tampak gradasi warna hingga ke biru tua. Begitupula dengan pantainya yang memiliki pasir bersih berwarna putih.Walaupu, pantainya relatif sempit, tapi pantainya tetap memesona. Seperti surga yang terpencil di utara Jakarta.

Terus terang, saya memiliki fobia kedalaman. Tapi, di pulau ini, saya berani main air di pantainya, malah berani mencoba main kano juga. Sebenarnya banyak fasilitas yang ditawarkan di pulau ini, seperti snorkeling, diving, banana boat, dan jetski. Tapi, rasanya belum berani untuk nekat mencoba itu semua.

Ketertarikan atas panorama pulau ini menarik saya untuk tahu dan ingin mengetahui lebih lanjut tempat ini. Namun, setelah saya bertanya ke pekerja resort, harga paket per malam Pulau Pantara ternyata relatif tinggi. Hanya orang berkantong tebal yang saya rasa mampu berlibur di sini. Harganya Rp 1,9 juta per orang. Wow!

Tapi tenang saja, Anda masih bisa menikmati cantiknya pantai di Pulau Pantara.

source : https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-1937561/pulau-pantara-surga-terpencil-di-utara-jakarta/3

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.